Click Me!
Click Me!

Cara Mengubah Nama Jenis(Merek) Ponsel di Android

Cara Mengubah Nama Jenis(Merek) Ponsel di Android

Assalamu'alaikum...

Apa kabar sobat semua dimanapun anda berada. Pada kesempatan kali ini saya akan mebagikan sebuah Tutorial mengenai cara mengganti nama produk di ponsel Android. Nah, buat kamu yang bingung apa yang saya maksud ini, berikut contoh atau hasil setelah mengubah nama jenis ponselnya.


Cara Mengubah Nama Jenis(Merek) Ponsel di Android

Screenshot diatas adalah hasil setelah mengubah nama jenis atau produk yang ada di build.prop, hasilnya bisa kamu lihat screenshot diatas, dimana nama ponsel yang seharusnya beruah menjadi seperti yang kita inginkan ketika membuka Facebook lewat Opera Mini. Screenshot diatas adalah ketika saya menggunakan ponsel Android Samsung(Samsung Galaxy Y).

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa dan bagaimana caranya, sangat mudah sekali untuk melakukannya. Yang terpenting adalah ponsel android sobat sudah dalam keadaan Root. Kemudian, sobat instal aplikasi Root Explorernya(Download Aplikasi Root Explorer). Selanjutnya,sobat masuk kedalam folder System, lalu cari file yang bernama build.prop. Pilih dan tahan, kemudian pilih open in text editor. Selanjutnya ubah seperti yang ada di Ss(Screenshot berikut)


Cara Mengubah Nama Jenis(Merek) Ponsel di Android

Ubah kata SONY sesuai keinginan, misalnya saja seperti Lenovo, iPhone 5/6, ASUS dan sejenisnya, bahkan bisa pakai nama sendiri. Sobat juga bisa melakukannya di ponsel android lain, seperti Smartfren Andromax, Advan, Xiaomi(MI) dan lain sebagainya. Contoh: ro.product.model="NAMAMERKPONSEL" kamu ganti saja "NAMAMERKPONSEL" sesuai yang kamu inginkan. Atau kalau masih juga namanya belum/tidak bisa berubah, sobat bisa menganti namanya yang ada di build.prop diatas, yakni yang bagian ro.product.model.nama=GT-S5360 Sebagai contohnya screenshot diatas. Sobat cukup mengganti dibagian belakangnya setelah simbol samadengan(=).

Jika sudah, kemudian pilih tombol option/menu yang ada di ponsel, lalu pilih Save and Exit. Kemudian akan muncul file yang bernama  build.prop.bak. Sobat bisa menghapus file "build.prop.bak" tersebut, setelah itu  barulah Restart/Reboot atau nyalakan ulang ponsel Android sobat

Begitulah kurang lebih cara simpelnya, sangat mudah bukan? Untuk efek sampingnya, saya kurang tau sob. Mungkin akan membuat ponsel Android kita menjadi lebih keren tentunya, karena lain dari yang lain, hahhaa. Buat kamu yang masih bingung, bisa ditanyakan lewat komentar langsung.

Sekian untuk postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa di postingan berikutnya.


Wassalamu'alaikum...
13 Komentar untuk "Cara Mengubah Nama Jenis(Merek) Ponsel di Android"

Saya suka banget sama blog abg...saya sekarang mengikuti abg.tutorial di atas saya ikuti dan berhasil hh saya andromax c jb cuman saya belum tau kelebihan dari mengubah model..kalau contoh di atas akan berubah di facebook .saya tes buat status tp tidak ada pemberitahuan dikirim dari samsung...atau ada kelebihan lain..mhn penjelasan nya..mksh

Hahaaa, gimana ya. Itu dulu cuma buat iseng-iseng doang, alias gaya-gayaan :D
Biar kalau buka facebook lewat opera mini, uc browser dll,itu agar tulisan yang dibawahnya itu bisa berubah seperti yang kita inginkan :D

Terima kasih juga sudah berkunjung :)

Haha..dulu aku waktu masih pake cross a7* 2013 sering ganti ganti nama build prop buat pamer aja sih.tp skrg sejak marak era hp ram diatas 1gb gue udah males utak atik hp..paling skrg cuma root ama cwm aja yg aku pasang..bahkan skrg ama cusrom pun udah gak percaya lagi karna hp zaman skrg udah perfeck bgt

Ya emang sekarang udah mulai berbeda dari yang dulu. Dulu juga lagi seneng-senengnya ngoprek hp android. Entah kenapa lama-lama juga jadi bosan sendiri. Mungkin lebih mentingin kinerja hh daripada mengubah tampilan, seperti memakai tema(theme) yang bisa membuat ponsel android jadi lemot. Kecuali kalau pake Tweak.

min lo udah daftar Google adsense belum

ane udah bener semua gan tapi kok setelah direboot kok masih sama aja gan

Sama gimana maksudnya? Biasanya kalau kita cek di pengaturan>tentang ponsel, maka produk dari nama brand ponsel akan mengalami perubahan juga :)

tampilannya gan yang masih sama. gak ada bedanya setelah direboot. padahal caranya udh bener

Oh, kalau yang dimaksud tampilan keseluruhan ponselnya, ya memang sama alias nggak ada perubahan. Tapi kalau kita lihat di pengaturan tentang ponsel, pasti ada tulisan yang mengalami perubahan.

Mantap Android saya jdi berubah semuanya bukan hanya merknya tpi hingga versi androidnya saya ubah semua! Sangat Membantu blog ini! Terus maju...

Iya, terima kasih sudah berkunjung :)

Gan saya mau tanya gimana caranya suapaya merek hp bisa berubah sesuai kemauan saat komentar di uc brouser itu kan biasanya merek hp nya keluar gimana cara mengganti itu

Itu seperti postingan ini. Tinggal ubah aja kata SONY di kode "ro.product.model=SONY" :)

Back To Top